Home » » Pembelajaran sebagai Proses Komunikasi dengan saluran media pembelajaran

Pembelajaran sebagai Proses Komunikasi dengan saluran media pembelajaran

Written By onfisika on Monday, February 11, 2013 | 2:30 PM

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan , keterampilan dan nilai nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran dapat melibatkan 2 pihak yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator . yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya proses belajar. Sebab sesuatu dikatakan hasil belajar kalau memenuhi beberapa ciri berikut :
1. Belajar sifatnya disadari , dalam hal ini siswa merasa bahwa dirinya sedang belajar , timbul dalam dirinya motivasi – motivasi untuk memiliki pengetahuan yang diharapkan sehingga tahapan tahapan dalam belajar sampai pengetahuan itu dimiliki secara permanen (retensi ) betul betul disadari sepenuhnya.
2. Hasil belajar diperoleh dengan  adanya proses , dalam hal ini pengetahuan diperoleh tidak secara spontanitas , instan namun bertahap ( sequensial ). Seorang anak bisa membaca tentu tidak diperoleh hanya dalam waktu sesaat namun berproses cukup lama , kemampuan membaca diawali dengan mengeja , mengenal huruf , kata dan kalimat. Seseorang yang tiba –tiba memiliki kecakapan seperti lari dengan kecepatan tinggi karena akibat doping, bukanlah hasil dari kegiatan belajar, namun efek dari obat atau zat kimia yang dikonsumsinya.
3. Belajar membutuhkan interaksi , khususnya interaksi yang sifatnya manusiawi. Seorang siswa akan lebih cepat memiliki pengetahuan karena bantuan dari guru, pelatih atau instruktur. Dalam hal ini terjadi komunikasi dua arah anatara siswa dan guru.

Kaitannya bahwa belajar membutuhkan interaksi , hal ini membutuhkan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, artinya didalamnya terjadi proses penyampaian pesan dari seseorang ( sumber pesan ) kepada seseorang atau sekelompok orang ( penerima pesan ).
Pesan yang dikirimkan biasanya berupa informasi atau keterangan dari pengirim ( sumber ) pesan. Pesan tersebut diubah dalam bentuk sandi-sandi atau lambang lambang seperti kata kata, bunyi – bunyi , gambar dan sebagainya. Melalui saluran ( chanel ) seperti radio, televisi, OHP, film, pesan diterima oleh si penerima pesan melalui indera ( mata dan telinga ) untuk diolah , sehingga pesan yang disampaikan oleh penyampai pesan dapat diterima dan dipahami oleh sipenerima pesan.
Komunikasi merupakan sistim yang didalamnya terdapat beberapa komponen yang terlibat, diantaranya komunikator, komunikan, chanel, message, feedback dan noise/barier. Pesan yang disampaikan komunikator diteruskan oleh saluran atau chanel sampai ke komunikan sebagai penerima pesan. Diphami atau tidaknya sebuah pesan oleh komunikan tergantung dari feedback yang diberikan oleh komunikan. feedback positif menunjukkan bahwa pesan dipahami dengan baik , sebaliknya feedback negatif menunjukkan pesan mungkin saja tidak diphami dengan benar. Untuk membantu penyampaian pesan ini diperlukan saluran berupa media pembelajaran . Faktor yang menyebabkan pesan tidak dipahami dengan baik karena adanya noise dan barier atau hambatan dan gangguan, noise ini dapat dialami komunikator, bisa terjadi pada komunikan, pada pesan juga pada chanel. Misalnya siswa tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh guru karena kondisi perut sedang sakit, berarti gangguan pada komunikan. , siswa tidak menerima materi dengan jelas karena saai itu sedang ada pembangunan sehingga suasana berisik mengganggu pendengaran , hal ini salurannya yang terganggu. Guru tidak entusias, tidak bergairah dalam mengajar sehingga siswa kurang mengerti apa yang diterangkan gurunya karena guru tersebut sedang ada masalah keluarga, hal ini gangguan pada komunikator.
Selain faktor faktor tersebut , terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi efektifitas sebuah komunikasi :
1. Kemampuan berkominukasi
2. Sikap dan pandangan penyampai pesan kepeda penerima pesan
3. Tingkat pengetahuan
4. Latar belakang sosial budaya dan ekonomi

Berdasarkan uraian diatas dapat dikatakan baik buruknya sebuah komunikasi ditunjang saluran dalam komunikasi tersebut. Saluran yang dimaksud diatas adalah media. karena pada dasarnya pembelajaran merupakan proses komunikasi , maka media yang dimaksud adalah media pembelajaran.
imagebagan diatas menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran itu terdapat pesan pesan yang harus dikomunikasikan . Pesan tersebut biasanya berisi materi dari suatu topik pembelajaran.  Pesan pesan tersebut disampaikan oleh guru kepada siswa melalui suatu media dengan menggunakan prosedur pembelajaran tertentu yang disebut metode.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment